Minggu, 15 Agustus 2010

Kabupaten Katingan, Kalteng, Diupayakan Jadi Sentra Rotan

Pelaku usaha rotan Cirebon memang ulet. Kesulitan mendapatkan bahan baku rotan dari Kalimantan, mereka sekarang mulai membangun sentra industri furniture rotan di lokasi penghasil bahan baku rotan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah (Kalteng), usaha ini mulai dirintis sejak awal bulan Juli 2010 lalu dan mendapat sambutan positif dari Pemerintah Daerah setempat.
Suhermanto, salah satu pelaku rotan Cirebon yang aktif membuka akses di Kabupaten Katingan tersebut mengatakan kedepan sentra furniture rotan tidak lagi hanya ada di Cirebon tapi di luar Cirebon yaitu di Kalteng.
"Katingan akan menjadi Cirebon kedua," katanya.
Saat ini, dia dan delapan orang pelaku rotan tengah membimbing SDM yang tertarik untuk mengembangkan furniture rotan di Katingan tersebut.
Dia menambahkan, upaya itu dilakukan karena mendapatkan dukungan yang baik dari pemerintah kabupaten setempat bahkan mendapatkan kemudahan berbagai fasilitas. Bahkan , kata dia, bupati berkeinginan Katingan harus menjadi sentra industri rotan di luar Jawa.
Lebih lanjut dia mengatakan, upaya memberikan pelatihan kepada warga setempat untuk menghadapi kemungkinan kedepan jika ekspor bahan baku rotan ditutup atau tidak boleh diekspor lagi.
"Kalau ditutup mereka sudah bisa membuat furniture sendiri sehingga bisa ekspor produk mebel bukan bahan baku seperti saat ini."
Cirebon dan Katingan akan menjadi pilihan alternatif bagi calon eksportir mebel. "Tinggal pilih saja mana yang bagus dan murah, hukum pasar."

2 komentar:

  1. mantap tu bos bisa bikin katingan jadi sentra kerajinan rotan selain ciribon...

    BalasHapus
  2. goood,saya dkung industri furniture rotan,brang x imbasnya ke saya,sbb saya maen di aksesoris furniture.

    BalasHapus